Labels

Wednesday 19 August 2015

Bukit Nanggi

         Oke. kali ini ane bakal sedikit mengulik tentang salah satu gunung di lombok timur. BUKIT NANGGI adalah salah 1 dari beberapa bukit di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Terletak di desa bumbung, kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Dengan tinggi 2.300 Mdpl menjadikan bukit nanggi salah satu bukit tertinggi di antara 3 bukit lainnya ( Bukit Anak Dara, Bukit Pergasingan, Bukit Dandaun ).

          Untuk sampai ke bukit nanggi, menempuh waktu sekitar 2 jam dari mataram. Perlu di ingat, sembalun mempunyai jalur yang curam. So, Prepare your stamina. kenapa ?? karena selain jalannya yang naik turun yang curam, track untuk pendaki tidak semulus yang kita bayangkan.

           Jalur untuk ke area bukit nanggi tidak semua orang tau. hanya orang desa setempat yang tau jalur pendakiannya. Maka di sarankan untuk menyewa guide penduduk lokal untuk menuju ke puncak bukit nanggi. Untuk kalian yang biasa mendaki waktu tempuh untuk sampai ke puncak Nanggi hanya 4jam, tapi di karenakan ane sendiri kebanyakan lemak, jadi waktu tempuhnya 5.5jam. Di tengah tengah pendakian nantinya akan ada air terjun, ane gak tau itu air terjun namanya apa karena jalur yang ane tempuh tidak melewati air terjun tersebut.

            Oh iya saran dari ane, kalo bisa naik ke puncak sebelum jam 1. kenapa ??? jam 4 kabut tebal bakal naik dan buat ngejar sunsetnya. INDAH BANGET ! nih ane kasih view ketika sunset dan ane ngelamar calon istri ane di sana . :)


Foto ane waktu ngelamar calon istri ane. :)


          Viewnya pas banget di belakang gunung rinjani. kalo pgn begadang, jam 1 liat aja ke arah gunung rinjani. Pasti kliatan kok para pendaki yang mau naik ke puncak gunung rinjani. Kalo ke sembalun, rasanya gak lengkap kalo gak bawa oleh-oleh. Di desa Sembalun kita bisa bawa pulang strawberry atau bawang hasil panen sendiri. Bahkan bisa metik langsung dari kebunnya.

          INGAT ! Jangan ambil apapun kecuali foto. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak. Jangan bunuh apapun kecuali waktu. Lestarikan alam kita dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Sekian dari ane. nantinya ane bakal update beberapa tempat menakjubkan di bumi seribu masjid. :) TERIMA KASIH. 

0 komentar:

Post a Comment