Labels

Saturday 22 August 2015

Bukit Pergasingan, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur

     Alhamdulillah masih di beri nafas sampai hari ini buat update tentang setitik surga di bumi 1000 Masjid Atau LOMBOK. Kali ini ane akan bahas tentang bukit yang terkenal di Lombok Timur. Langsung aja ya. CEKIBROT !

      Dialah Bukit Pergasingan, berada di Desa Bumbung Sembalun, Kecamatan Sembalu, Kabupaten Lombok Timur. Bukit ini memiliki ketinggian 1700 MDPL. Satu dari jajaran bukit di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Masih satu sodara kok sama Bukit Nanggi, Bukit Dandaun, Bukit Anak Dara. Hanya saja ini yang populer di bandingkan sodara-sodaranya. 

     Untuk sampai ke Bukit Pergasingan, dari Kota Mataram ke Kecamatan Sembalun memakan perjalanan 2,5 jam. Namun sebelum berangkat, persiapkan motor baik-baik. karena area Sembalun bukan jalan yang mudah. Jalan naik dan turunnya curam jadi kalo gak kuat, motor bisa berasap atau lebih parahnya mogok. Ditambah lagi macet karena banyaknya orang yang datang ke Sembalun. SO, Persiapkan motor dan fisik baik-baik.

        Nantinya setelah sampai di pintu masuk Bukit Pergasingan kalian akan di kenakan biaya masuk Rp. 10.000,- / Orang. Kalian bisa juga kok sewa Guide pemuda lokal disana, sebenernya sih trackingnya jelas kok tanpa kalian sewa guide juga sampai. Tapi alangkah lebih baiknya kalian menyewa Guide. Guidenya bisa kok kita mintain tolong untuk mengambil kayu bakar ataupun air jernih untuk kalian minum di puncak Bukit Pergasingan. Perjalanan menuju puncak untuk yang biasa mendaki bisa memakan waktu 2-3 jam, kalau banyak istirahatnya bisa sampai 4-5 jam. Maka usahakan untuk naik ke puncak jam 14.00 WITA untuk ngejar Sunset di puncak.

     Di tengah perjalanan kalian akan melihat betapa indahnya Desa Sembalun dari ketinggian. Sungguh keindahan Bumi Lombok yang tak terkira. Subhanallah.


        Di puncak nanti bakal ada mata air jernih kok, jadi kalian cukup membawa perbekalan air minum untuk sampai ke puncak biar tas kalian gak terlalu berat bawa perbekalan yang bikin kalian cepet capek di perjalanan. Di puncak nantinya akan banyak orang ngecamp kok, jadi gak perlu takut karena kita bakal punya temen baru di atas puncak.
        
        Itulah sedikit deskripsi tentang Bukit Pergasingan. Terima kasih telah hadir di blog ane yang apa adanya ini. :) tunggu ya update-an selanjutnya tentang ribuan Surga lainnya di Bumi 1000 Masjid. Assalamualaikum .

3 komentar:

  1. Salam gan. Mcm mana pulak dengan khemah? Ade servis sewa khemah di sana? Kalau ada, brapa harganya utk khemah muat 2 org.

    ReplyDelete
  2. Sewa khemah ada ka disana?brapa harga utk khemah muat 2 org ya gan? Salam dr Malaysia.

    ReplyDelete
  3. Untuk Sewa Kemah disana masih belum tersedia gan, tapi jika ingin pesan juga ada di mataram kota. Harga Relatif Terjangkau juga . Salam Dari Indonesia juga ya gan . :)

    ReplyDelete